Skip to main content

CLWI™: Laptop

uaaaaaaaarrgh
Sungguh menyakitkan.
Ngga pernah nyangka aku harus merubah CLWI List padahal baru kemarin di post.
Emang sebelumnya laptop dipinjam orang selama sebulan dan aku kira dikembalikan dalam keadaan baik2 aja karena udah dicoba dulu. Akhirnya terjadi deh kejadian yang tidak diinginkan, Laptop mulai rewel pertama kalinya dalam sejarah hidupku. Mulai dari cek ram ngga selesai, heng (CMIIW) habis masuk windows, sampe cuma item babar bleng. Kirain cuma masalah ram aja, tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Soalnya udah nyobain segala jenis dan ukuran sodimm sepenjuru thr, tetep aja ngga hidup lagi. Mungkin harusnya kita ikhlas aja, soalnya lagi males nitipin di tempat serpis, pasti muncul masalah baru lagi deh nantinya (trauma juga soalnya).
Udah deh, daripada nerusin curhat, mending cerita masa lalu aja, saat kami masih bersama menyelesaikan masalah bareng. Tips dan optimasi ini mungkin juga bisa dipake buat komputermu.
Spesifikasi:
Compaq Presario 1700
Pentium 3 700 MHz dll.
Hardisk asli 20 gb rusak diganti 80 gb.
Fungsi utama: komputer desktop (ngga portabel sih soalnya battery dan adaptor bermasalah).
Idealku : cepat, aman, stabil, bersih virus, ngga perlu repot macem2 kalo nginstall ulang.
Dengan proses yang panjang akhirnya aku punya konfigurasi dengan ciri khas sendiri di laptop ini. Partisi utama cuma berukuran 2 gb untuk windows 2k lengkap dengan installed program dan space untuk swap. Bandingin sama partisi expi yang biasanya minimal dikasih 10gb, atau juga dengan linux yang biasanya aku kasih 5gb, ukuran ini termasuk kecil. Malah pas jamannya w9x/me pernah cuma dikasih 300mb. Windows 2000? disamping ringan juga stabil tanpa saingan untuk prosesor sekelas P3. Saat diinstall deepfreeze, cuma partisi ini yang di-freeze, tentu dengan tujuan windowsnya aman tanpa celah. Ukuran partisi yang pas2an juga membantu kerja deepfreeze supaya lebih ringan. Program yang terinstall? cuma k-lite mega codec, foxit reader, dan winrar. Cukup. Beres. Tanpa AV, Firewall, segala macemnya.
Partisi kedua khusus buat program. Installer, Portableapps Collection, Aplikasi segala macemnya ada disini. Menu program bukan dari start menu, tapi dari PertableApps Menu yang dijadiin startup, isinya gampang diubah karena sifat menu yang ngakses langsung dari folder khususnya. Program penting dibuatkan shotcut di quicklaunch(di desktop bikin lambat), seperti totalcmd, firefox, opera, winamp. QuickLaunch ke winamp bukan diarahkan ke exe tapi ke m3u-nya, biasanya di D:\Program Files\Winamp,Winamp.m3u untuk yg terinstall, jadi playlist terakhir yang dimainkan sebelumnya bisa langsung jalan tanpa harus menekan tombol play. Khusus buat OpenOffice, karena tidak diinstall, maka file office tidak terregister untuk dibuka, sehingga OpenOfficePortable.exe dibuatkan shortcut di sendto. Sehingga file apapun yang akan dibuka cukup dengan klik kanan Send To, pilih OpenOffice, maka akan dibukakan aplikasi yang sesuai dengan ekstensi file.
Partisi ketiga Satu-satunya dengan sistem berkas FAT32 supaya bisa diakses oleh dos secara langsung. File yang ada disini adalah file yang diperlukan saat darurat yang bahkan bisa dibuka saat windows rusak. Installer windows dan dokumen yang dalam keadaan penting saat ini. Untuk instalasi ulang Windows, tinggal masukkan disket boot, panggil installer yang ada di partisi ini dari dos, karena tanpa ada cd rom. Installer linux-pun ada disini. Sedangkan dokumen bisa disalin ke disket.
Partisi ketiga untuk tutorial, bacaan, manga dan data macem2 ada disini.
Partisi keempat isinya film. Video jenis apapun bisa dibuka berkat sang codec. Untuk video player pake bsplayer, karena kalo kita nonton serial dengan jumlah episode puluhan sampe ratusan, kalo belum selesai tinggal kita stop, tutup aplikasi. Saat dipanggil lagi, dia langsung menjalankan file pada file, episode, menit, detik, milisecond dengan tepat tanpa kita harus inget2 lagi. Meskipun untuk bisa seperti ini harus diubah konfgurasinya. Jadi setiap serial pake bsplayer yang berbeda. Aku nga tau ada ngga player yang sekeren ini buat aku yang ngga mau buang memori otak buat inget menit dan detik main terakhir.
Itu aja deh. Malah sedih kalo dibahas panjang2.

Tambahan:
Aku bikin daftar CLWI kirain beneran ngga bisa hidup tanpa mereka. Ternyata setelah kehilangan salah satu paling penting diantaranya baik sementara maupun permanen ternyata efeknya ngga sedahsyat yang dibayangkan. Aku masih bisa bertahan kok. Ternyata kehilangan seseorang lebih menyakitkan daripada cuma sebuah benda yang kita kira sangat berharga. Pengaruhnya cuma bikin muter2 ngga jelas soalnya bingung mau ngerjain apaan.
Paling ngga aku masih bisa memanfaatkan sang hardisk 80gb buat portable, meskipun ngga masuk CLWI list atau ngalahin pentingnya U3-ku yang ukurannya cuma 2gb(padahal 40x lipatnya).
Harusnya internet dan sepeda motor masuk daftar sih, tapi kok aneh aja. Bentar lagi harus bikin daftar lagi deh. Terus aku bakalan tergantung ke tempat2 yang nyediain komputer, internet, dan tempat tidur gratis. Banyak kok di-Indonesia tercinta ini tempat kayak gitu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Java-MySql: Aplikasi Database dengan Data Gambar (Updated)

Untuk update metode simpan gambar lihat di appGambar 2.0 Bagaimana caranya menyimpan data yang membutuhkan penyimpanan data gambar? Misalkan data pegawai yang membutuhkan penyimpanan gambar dari setiap pegawai. Alternatifnya ada dua, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara yang pertama adalah dengan membuat field dengan tipe data binary, kemudian menyimpan gambar yang dibutuhkan dalam field di database tersebut. Cara ini membutuhkan manajemen program yang lebih rumit, tapi data gambar akan terjamin, karena tersimpan didalam database yang terintegrasi dengan data lainnya. Kekurangan lainnya adalah ukuran database yang akan membesar dan lambat. Bayangkan saja, sebuah field membutuhkan gambar dengan format jpeg, 200kB. Apabila ada 200 juta record, maka ukuran field yang diperuntukan khusus untuk gambar dengan perhitungan kasar adalah 0.2 MB x 200M = 40 x 10^12 = 40 TB. Belum ditambah dengan ukuran data dari field lainnya, kalau misalkan untuk menyimpan data penduduk Indonesia.

PHP: Kalkulator

Pada intinya, kalkulator berbasis web ini menggunakan tiga dasar, yaitu CSS, PHP, dan HTML. CSS (Cascading Style Sheets) agar mudah mengatur tampilan, PHP (PHP Hypertext Prepocessor) untuk operasi perhitungan, dan HTML (Hypertext Markup Language) untuk pembuatan form kalkulator. Kesemuanya dalam bentuk dasar dengan logika perhitungan sederhana untuk melakukan perhitungan. Sedangkan array diatas digunakan untuk debugger dan memahami jalannya algoritma. <html> <head> </head> <body> <style type="text/css"> .Hasil { color: #fcc; background-color: blue; font-size: 4em; border: 1px solid #660; padding: 4px; } .Operator { color: #fcc; background-color: #900; font-size: 1.5em; border: 1px solid #660; width: 100px; padding: 4px; } .Angka { color: white; background-color: #660; font-size: 1.5em; border: 1px solid #660; padding: 4px; width: 100px; } </style> <?php function Hitung($b1,$b2,$o){ switch($o){ case '+': return $b1

Pembuatan PDF di PHP dengan FPDF dan HTML2FPDF

Untuk membuat pdf dengan menggunakan php, kita bisa menggunakan fpdf yang berbasis class. Sedangkan html2fpdf digunakan untuk mengubah html menjadi pdf. Dengan hanya menggunakan fpdf, kita harus menentukan semua hal yang mengatur tampilannya berbasis code sesuai dengan aturan dan fungsi yang disediakan class tersebut. Dengan menggunakan html2fpdf, kita cuma perlu membuat sebuah file html dan tampilannya langsung diubah menjadi sebuah file pdf, tentu dengan beberapa keterbatasan dan perubahan tampilan. Saat ini, fpdf terbaru pada versi 1.6 sedangkan html2fpdf versi 3. Instalasi: + Ekstrak file fpdf dan html2fpdf. Sebenarnya html2fpdf merupakan inheritance dari class fpdf, tapi class di fpdf yang disdertakan di paket html2fpdf telah dimodifikasi dari aslinya sesuai dengan kebutuhan konversi tersebut. Class original dari fpdf akan kita pakai untuk pembuatan pdf secara manual, bukan dari html. + Ganti nama file fpdf.php misalkan menjadi fpdf16.php. Karena untuk bebrapa versi instalasi php