Skip to main content

Samsung E590 Review, Ponsel Kamera yang dipaksakan sebagai Mobile Browser



Desain? Meskipun katanya hasil desainer terkenal, tapi kok seperti tidak ada rasa seninya. Yang penting bentuknya minimalis, tidak terlalu banyak lekuknya, ringan karena chasingnya terbuat dari plastik, kecil, lebih terkesan sebagai mainan daripada sebuah hp canggih. Satu-satunya bagian yang menonjol adalah camera yang ada dibelakang yang sekaligus membuat nyaman sebagai pengganjal tangan. Joystick yang kecil dan pendek, yang bisa membuat jempol perlu dipijet sakit apabila dipakai browsing terlalu lama. Keypad yang mendatar lumayan nyaman untuk dipakai. Pokoknya, masalah bentuknya, aku banget deh kayaknya, kaku.

Instalasi Java? Menyebalkan. Perlu sedikit kerja keras untuk cuma untuk sekedar menambah sebuah game atau aplikasi. Vendornya secara resmi malah cuma mendukung instalasi melalui wap. Tidak bisa melalui kabel, bluetooth, atau memory card. Jadi harus menggunakan browser standarnya untuk melakukan download aplikasi dalam bentuk jar, bukan jad, kemudian baru bisa diinstall. Sebenarnya ada cara mengakalinya, meskipun tidak didukung vendornya dan tidak ada dalam manual resminya, untuk menginstall aplikasi melalui kabel data dengan diperlakukan sebagai virtual serial port. Tapi yang ini malah harus menyertakan jad selain jar-nya. Jadi, tidak perlu mengeluarkan pulsa lagi untuk sekedar menginstall. Pertanyaannya, kenapa dibuat sedemikian rumit oleh samsung? Tidak mungkin mereka tidak tahu teknologi yang lebih nyaman untuk ini, jadi kemungkinan besar alasannya adalah untuk menyusahkan piracy sofware. Paling tidak perlu sedikit kerja keras untuk sekedar membajak, dan lebih kerja keras lagi untuk sekedar memakai software free.

Misalkan, Bersiaplah untuk terkejut. Di daftar tipe yang didukung Operamini, untuk merk samsung, setelah E580, langsung E600. Kenapa ngilangnya E590? Apabila melakukan browsing dengan hp, maka akan ada tulisan bahwa tipe ini tidak didukung. Jadi jangan berharap untuk bisa menginstall dari website resmi atau dari wap.getjar, juga karena keduanya menyediakan jad, bukan jar. Setelah bekerja keras menggunakan Browser untuk melakukan googling website yang menyediakan download operamini.jar, akhirnya bisa didownload dan dijalankan, mulai dari Operamini 3, Operamini 4 beta, Operamini 4, kemudian baru mencoba Operamini 4.1. Semuanya dicoba berulangkali dari beberapa website yang berbeda, akhirnya berhasil dinstall dan saling berjalan sendiri, tanpa saling mengugrade, karena penamaan aplikasi yang berbeda. Instalasi melalui kabel cuma Operamini 3 yang berhasil.
JSR-75, tambahan java midp2 yang terutama digunakan oleh Operamini4.1 untuk upload dan download file secara langsung serta menyimpan halaman yang terbuka untuk disimpan dan dibuka kembali, bisa berjalan sempurna. Cukup ada konfirmasi awal untuk memberikan hak akses, setelah itu bisa berjalan tanpa ada pertanyaan lagi.

Sedangkan yang dicoba diinstall melalui kabel data adalah mig33, ymtiny. Untuk game yang kebetulan dijadikan percobaan semuanya bisa berjalan sempurna, seperti zuma, chessmaster, 5ud0ku. Zuma, meskipun bisa berjalan, bisa dipastikan akan selalu menang kalau main, asal bisa mengatur timing penembakannya, karena berjalan begitu lambat. Selain itu sepertinya ada batasan ukuran jar maksimal yang masih bisa berjalan, tidak seperti model SE yang bisa menjalankan aplikasi ukuran besar.

Internet? Apabila menggunakan standar browser WAP 2.0/xHTML, akan terasa begitu lambat, dan menguras pulsa karena tidak bisa mendisable gambar. Selain itu juga seringnya terjadi disconnect padahal mendukung EDGE Class 10 selain GPRS Class 10, entah siapa yang salah. Dengan kinerja java yang payah, pernah membuat sedikit penyesalan membeli hp ini. Operamini 3 maupun Operamini 4 yang baru selesai diinstall juga tidak banyak membantu. Hal yang membuat jatuh cinta kembali dengan hp ini adalah setelah berhasil menginstall Operamini4.1 Beta. Yang versi final masih gagal diinstall. Tapi semua fungsinya sudah ada di versi beta ini. Simpan web, sinkronisasi dengan komputer, tampilan yang menyenangkan, dan kecepatan browsing, seperti yang digemborkan, 50% lebih cepat dari versi sebelumnya. Kompresi data, selain mempercepat, juga mengurangi pemakaian bandwidth, tentu saja selain dengan fasilitas standar untuk tidak menampilkan gambar.

angan lupakan juga fasilitas pembuka dokumennya, yang bisa membuka file Word, Excel, PowerPoint, PDF. Dulu, tipe ini terkenal karena merupakan tipe hp paling murah yang bisa digunakan anak-anak sma, mungkin juga kuliahan, untuk nyontek. Tinggal membuat file ms word, masukan ke hp, setelah itu bisa dibuka kapan saja. Bagi saya, lumayan, bisa buat bahan bacaan tanpa harus menguras pulsa saat waktu menunggu yang menjemukan.

Untuk multimedia, ada MP3/AAC/AAC+/E-AAC+/WMA player, FM radio, 3gp/H.263/mpeg-4 video player. Suaranya lumayan. Dan baru terasa bagusnya setelah menggunakan headset stereo yang disertakan. selain itu juga mendukung Bluetooth Headset A2DP.

Sebenarnya tipe ini lebih terkenal sebagai hp camera, itulah sebabnya yang menyebabkannya payah dalam hal konektifitas dan aplikasi. Karena tidak tahu hal apapun soal fotografi selain hal teknis yang disediakan seperti, 3Mpx, resolusi 2048x1536, Autofocus, Multishoot, Panorama, video H.263/mpeg-4 dengan CIF (352 x 288 pixels) pada 15 fps, Image Editor. Jadi satu kata saja, Sempurna. Eh iya, satu lagi. Ada aksesoris yang disertakan. Beberapa forum mengatakan kalau itu adalah pembersih kamera. Tapi, itu namanya BagPod, mas/mba. Jadi untuk dipasang di kamera supaya bisa steady, tidak goyang, saat diletakkan dalam permukaan apapun. Semacam tripod, dengan bentuk yang unik. Dan cuma hp jenis ini yang punya.

Untuk transfer file harus menggunakan Samsung PC Studio. Sebenarnya ada tiga konektifitas yang bisa dipilih, Modem, Mass Storage, atau Pictbridge. Modem dan pictbridge, bisa berfungsi sempurna. Dengan Pictbridge, kita bisa melakukan koneksi ke printer untuk melakukan pencetakan secara langsung tanpa melalui perantara komputer. Sedangkan apabila memilih Mass Storage, maka akan dikenal Philips Dev. 0 LUN 0, seperti halnya sebuah flashdisk. Tapi Entah harus memakai driver apa, tapi ini sama sekali tidak berfungsi.

Hal-hal kecil, yang jarang diperhatikan orang, dan tidak bisa langsung diketahui saat pertama kali mencoba, juga sangat meyebalkan. Misalkan,
Fasilitas copy-paste, yang harusnya ada pada setiap field untuk mempercepat pengetikan, tidak disediakan. (Pembandingnya adalah SE W200i)
Tidak bisa membuat folder baru, membuatnya begitu mengesalkan saat semua terlihat berantakan pada folder default dan lamanya loading thumbnail. (Pembandingnya adalah SE W200i)
Yang aneh, kenapa antar tombol, 1, *, 0, dan # sering berpindah fungsi! misalkan spasi, kadang di tombol 1 atau 0, Simbol kadang ada di tombol 1, atau *. Tombol C, bisa untuk menghapus, kadang untuk back. TOmbol Off yang digabungkan dengan tombol Drop. Tombol volume disamping yang tidak berfungsi universal. Harus membuka aplikasinya, entah player atau radio, atau dalam posisi standby, untuk bisa berfungsi. Tombol khusus kamera, Yang jumlahnya empat macam di bagian samping, cuma berfungsi saat kamera diaktifkan. Selain itu, cuma hiasan. (Pembandingnya adalah Nokia 5300)
T9, payah. meskipun ada bahasa indonesia dan english, tapi jangan terlalu berharap untuk bisa digunakan secara nyaman, selain malah bingung dengan fungsi tombol-tombol yang meloncat-loncat entah untuk apa saja. Apalagi kalo dipanggil dari java, payah. (Pembandingnya adalah Nokia 5300)
Kustomeisasi yang mini. Theme yang tidak bisa diubah, selain default, black atau white. Backlight, menyala saat malam dan mati saat siang, unik juga yah? (Pembandingnya adalah Nokia 5300)
Hal kecil lain yang lumayan melegakan adalah multitasking, yang ada di radio dan music player. Meskipun jangan mengharapkan lebih dari itu. Aplikasi java, video player, atau image editor, tidak bisa di-minimize, tapi harus keluar untuk bisa menjalankan yang lain. (Pembandingnya adalah SE W200i)
Mungkin keanehan ini berlaku untuk barisan produk samsung lainnya, seperti halnya nokia yang terkenal dengan kenyamanannya dan SE yang maju dengan teknologinya, atau Benq-siemens dengan konektifitasnya. Jadi, Kalau boleh dibandingkan dengan browser, Nokia itu Google Chrome, SE itu Opera, Samsung itu Safari, Benq-Siemens itu Konqueror. Kalo Firefox? mungkin jajaran PDA yah? Ponsel Cina? Mungkin Operamini kali, atau maksimal IE6 untuk yang jajaran atas. Yang penting bisa buat nelpon kan?


Kesimpulan:
Ada tiga hal yang awalnya mendasari saya, Internet Adicted, memilih ponsel ini: Java midp 2, Bluetooth, Egde, Slot Memori Card. Eh, empat ya? Java? Payah. Bluetoth? Lumayan. Edge? Sering putus. Memori Card? microSD, lambat. Jadi, payah semua, tapi yang penting semuanya bisa berjalan, meskipun harus dengan kerja keras dan kesabaran. Mungkin SE W200i lebih memenuhi syarat kalau cuma untuk ini. Fasilitas tambahan yang akhirnya sedikit mengurangi sakit hati adalah: Pembuka dokumen, camera 3Mpx dengan segala kelengkapannya untuk hobi baru, bentuknya yang mungil. Selain fasilitas standarnya: Radio FM, Video & Music Player, Memori internal 90MB (lumayan gede). Selain itu ada game yang disertakan: Cannonball, Forgotten Warrior, Midnight Pool (trial), Mini Golf Las Vegas (trial), Paris Hilton's Diamond Quest (trial), and Sonic the Hedgehog (trial). Meskipun yang bagus semuanya cuma sekedar trial.

Disclaimer:
Semua ini pendapat pribadi, dengan pengetahuan soal gadget terkini yang sangat terbatas. Semuanya berasal dari coba-coba pribadi saja.

Instalasi Java dengan Kabel Data
Download Samsung PC Studio 3
Download Opera Mini 2,3,4

Comments

  1. Horee, udah ngupgrade hp, sekalian ganti nomor. Bulan depan tinggal Laptop deh

    ReplyDelete
  2. tambah sip ae om bis upgrade hp upgrade laptop terus upgrade apa lgi yaaaaa....apa mungkin upgrade nya ntr langsung *****(sensor).......

    ReplyDelete
  3. Yeah, Mas/Mba/Om/Tante Anonim.
    It's need hardwork. Not like upgrade *****(sensor), 'cause it's really easy and You can do that right now.
    And Anyone, not only you, can be a chicken/anonim and screaming in another personal blog!

    ReplyDelete
  4. Tny ya mngenai E590,trtarik pengen bli. Bgmn dng koneksi interntny, ap sring putus jika brada di 1 halaman dalam wktu yg agak lama?(pngalaman:hp SE j220i)
    Trus hp bandingan utk hp ini ap aj?yg spadan dgn hrga yg juga miring.
    Bnar juga klo gambr tdk bisa disable bikin pulsa bocor, apa ad cra mngakaliny?(SE j220i ad pilihn ena-dis able gmbar)

    Trima ksih bnyak...segra dbales y, dh kebelet pngen beli. Hehe.

    ReplyDelete
  5. @agunk
    Saya jarang memakai browser aslinya, jadi saya sarankan, segera membuka halaman download opera untuk menginstall dan memakai ini. Termasuk ada fungsi disable gambarnya. Meskipun begitu, koneksi internet lewat browser aslinya tidak sering putus.
    Apabila membandingkan dengan hp lainnya dengan harga yang sama, fasilitas hp ini pasti lebih banyak. Dan apabila dibandingkan dengan hp lainnya yang fasilitasnya sejenis, maka harga pembandingnya jadi jauh lebih mahal, bisa sampai 2x lipatnya. Misalkan dengan Samsung J200 yang bisa 3G, tapi kameranya 1.3Mpx dan layarnya lebih kecil, padahal e590 kameranya 3Mpx. Dan misalkan dibandingkan dengan SE 580i yang fasilitasnya mirip (Kamera lebih kecil, 2Mpx, Video Recording, Browser, Java, Bluetooth, Memory Ext, Email, Radio, dll, layarnya lebih besar 240x320), tapi harganya hampir 2 juta. Jadi, Ini adalah HP terbaik kalau dalam perbandingan harga dengan fasilitasnya.
    Untuk mendisable gambar karena tidak disediakan, selain dengan menginstall OperaMini, adalah dengan memanggil GWT ( Google Web Toolkit). Caranya, buka setting browser yang aktif, misalkan yang Telkomsel, kemudian ubah homepage-nya menjadi http://www.google.com/gwt/n. Setelah disimpan, keluar dulu. Kemudian buka browser untuk membuka homepage tadi. Ketikkan alamat yang diinginkan disitu, kemudian pilih "no images", setelah itu, tekan Go. Maka, web akan dibuka tanpa gambar. Trik ini berlaku untuk semua HP dan browser, bahkan browser desktop.

    ReplyDelete
  6. JD E590 pilhn yg tpat y utk harga <1,5juta ttpi dgn fitur yg bgus??
    Ap E590 mngakomodasi saya yg hobi chatting, foto, ndgnerin musik?hehe. 1 lagi Mas, ap pesan email bisa ad inbox khususny?mksudny kita g prlu login yahoo utk lhat pesan email msuk??
    Thankss bgt y Mas...

    ReplyDelete
  7. chatting bisa diinstall program java, foto ada camera 3 mpx dengan feature lengkap yang lumayan, untuk musik ada mp3, wma, aac player, video player, radio fm, dibantu bluetooth untuk transfer dan memory tambahan microsd untuk menambah kapasitas.:-)

    e590 mendukung email pop3 dan imap semudah mengirim mms cukup dengan biaya koneksi gprs asal settingnya tepat. saya sendiri bisa mengecek email di gmail atau yahoo lokal atau langsung mengirimkan gambar yang baru saja diambil dengan kameranya. email dengan account yahoo.com tidak ada fasilitas pop3 sedangkan yang yahoo.co.id bisa. tapi tetap saja gmail yang terbaik dalam hal ini, disamping setting untuk gmail sudah tersedia tinggal memasukkan username dan password.

    ReplyDelete
  8. mas bantu donk hp gw samsung e590 pas gw kirim pesa, pesannya ga tersimpan di hpnya,pesannya langsung hilang, gmn cra setingnya masss
    tolong kirim k E-Mail saya Arul_dagoran@yahoo.co.id
    makasi atas bantuanya

    ReplyDelete
  9. @Anonim
    HP ini tidak menyediakan setting untuk secara otomatis menyimpan pesan singkat (sms) yang dikirim. Tetapi bisa secara manual. Kalau biasanya kita menulis pesan, setelah selesai kita tekan joystick tengah untuk memilih daftar penerima, maka pesan tidak tersimpan. Untuk pesan yang ingin tersimpan, caranya, ketik pesan dulu, pilih Options, setelah itu pilih "[2] Save and send", maka pesan akan dikirim sekaligus disimpan di folder My Message, Sentbox. Maaf kalau anda sudah tahu tentang cara ini, tapi memang tidak ada cara lainnya lagi selain dengan cara membeli hape lain ;-)

    ReplyDelete
  10. mas
    saya dah coba download ymtiny & mig33
    kok ttp g bia dibuka ya?

    tlg bls ke deni.aullya@gmail.com

    tks

    ReplyDelete
  11. @deni
    jarnya java yg didownload dari pc kemudian ditransfer berupa file ke hp ini tidak akan bisa dibuka.
    downloadlah langsung dari hp ini. pertama buka web misal wap.getjar.com, langsung dari browser hp ini, kemudian download aplikasinya. diikuti dg tampilan instalasi. apabila berhasil, akan ada tambahan aplikasi baru di menu aplikasi, dunia java

    ReplyDelete
  12. ada cr lain g selain download langsung dr hp(SGH 3590) nya?

    aku dah cb ggl trz............

    ada sofware lain g bt chating..??

    tks

    ReplyDelete
  13. @deni
    3560, baru denger, g salah ketik?
    di artikel pada bagian bawah ada link untuk melakukan instalasi java melalui usb atau bluetooth. coba saja dulu meskipun agak susah

    ReplyDelete
  14. Kalau program untuk chat ada banyak. Saya sendiri memakai ymtiny, sparta/ mig33, qeep, bing, yago!

    ReplyDelete
  15. sory mksdnya SGH E590............

    ReplyDelete
  16. Ehm... ulasane bagus cukup mendalam...
    kebetulan kemarin beli juga hp samsung E590 ini...
    ya... berarti mesti menikmati fasilitas yang disediakan saja ya?

    ReplyDelete
  17. @boleh bicara
    iya. tapi kan fasilitasnya sudah bagus dan banyak. pokoknya g akan kecewa. oh iya, anda beli berapa? dengar2 harganya naik yah?

    ReplyDelete
  18. Mo tna ne q uda dwnld ymtiny, hp q e590, wkt mo nlis yahoo id kn da smbolny smsal ( _ ) tp ko wkt uda mo dgser g isa ya? tu knp? trs gmn cr ngset email pke krt as? mksii, tlg djwb ya,

    ReplyDelete
  19. @ anonim
    Saya nggak ngerti maksudnya digeser itu apa karna kan ada joystick.
    Kalau setting email, pilih dulu gprs telkomsel, pastikan sudah berjalan internetnya, setelah itu ikuti http://ferireza.wordpress.com/2008/08/27/setting-email-di-samsung-sgh-e590/

    ReplyDelete
  20. mksi mas uda djwb,, Mf mas mksdny dgser tu,kl mo nlis smbol kn pke tmbol ( * ), lah tu wkt mo mlih ( _ ) kn dgser kknan pke jystick,,tp ko g isa, ato da pngrhny sma krtuny? ato gmn? trus cra mke sparta tu gmn? Mhn bntuany,, mksi,,

    ReplyDelete
  21. Misalkan untuk tanda _. Pertama tekan bintang, kemudian geser ke kanan satu kali setelah itu pilih _ dengan cara memilih angka tiga. Setelah muncul tanda tersebut baru tekan ok di tombol kanan.

    ReplyDelete
  22. Iya mas kan uda dtkan ok tpi yg mncul angka 3 bkn _, kna vrus pa y? puny almt wbsite game bwt e590 g mas ? Kl pny q mnt ble? Mf ne jd kbykn nanya,
    Mksii,,

    ReplyDelete
  23. @ anonim
    Hp ini tidak bisa kena virus. Coba2 aja dulu.
    Kalo masalah game, bisa dilihat di m.getjar.com, sebaiknya dibuka langsung dari hp supaya bisa langsung diinstall.

    ReplyDelete
  24. Mas q dah coba brkli.kli mke ymtiny tp ko g isa dpke ya? tlsny sign up refused, it gmn? q jg dah coba dwnlod blak.blik ymtiny, tp ttep ja g isa, tu knp y mas? mhn jwbny, mksii,

    ReplyDelete
  25. @ anonim
    Sign up refused, apakah errornya cuma itu? Mungkin salah ketik saat penulisan atau penambahan simbol sehingga usernamenya tidak dikenal atau passwordnya salah. Untuk coba-coba gunakan username dan password yang mudah misalkan huruf kecil semua tanpa simbol atau angka.

    ReplyDelete
  26. Gtu y mas,tp q log in kyaho lwt opera,ko isa msuk ya,trus cra make mig33 beta gmn? lgkh.lgkh hbis kdftr tu pa ja? mksii.

    ReplyDelete
  27. @ anonim
    Kalo mig33 buka saja aplikasinya. Nanti harus daftar dulu. Setelah bisa login baru memakai username dari mig33 baru kita bisa memasukkan username yahoo.

    ReplyDelete
  28. samsung mobile phones review, tips & tricks, download software, unlock at mobilesheep.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Java-MySql: Aplikasi Database dengan Data Gambar (Updated)

Untuk update metode simpan gambar lihat di appGambar 2.0 Bagaimana caranya menyimpan data yang membutuhkan penyimpanan data gambar? Misalkan data pegawai yang membutuhkan penyimpanan gambar dari setiap pegawai. Alternatifnya ada dua, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara yang pertama adalah dengan membuat field dengan tipe data binary, kemudian menyimpan gambar yang dibutuhkan dalam field di database tersebut. Cara ini membutuhkan manajemen program yang lebih rumit, tapi data gambar akan terjamin, karena tersimpan didalam database yang terintegrasi dengan data lainnya. Kekurangan lainnya adalah ukuran database yang akan membesar dan lambat. Bayangkan saja, sebuah field membutuhkan gambar dengan format jpeg, 200kB. Apabila ada 200 juta record, maka ukuran field yang diperuntukan khusus untuk gambar dengan perhitungan kasar adalah 0.2 MB x 200M = 40 x 10^12 = 40 TB. Belum ditambah dengan ukuran data dari field lainnya, kalau misalkan untuk menyimpan data penduduk Indonesia.

PHP: Kalkulator

Pada intinya, kalkulator berbasis web ini menggunakan tiga dasar, yaitu CSS, PHP, dan HTML. CSS (Cascading Style Sheets) agar mudah mengatur tampilan, PHP (PHP Hypertext Prepocessor) untuk operasi perhitungan, dan HTML (Hypertext Markup Language) untuk pembuatan form kalkulator. Kesemuanya dalam bentuk dasar dengan logika perhitungan sederhana untuk melakukan perhitungan. Sedangkan array diatas digunakan untuk debugger dan memahami jalannya algoritma. <html> <head> </head> <body> <style type="text/css"> .Hasil { color: #fcc; background-color: blue; font-size: 4em; border: 1px solid #660; padding: 4px; } .Operator { color: #fcc; background-color: #900; font-size: 1.5em; border: 1px solid #660; width: 100px; padding: 4px; } .Angka { color: white; background-color: #660; font-size: 1.5em; border: 1px solid #660; padding: 4px; width: 100px; } </style> <?php function Hitung($b1,$b2,$o){ switch($o){ case '+': return $b1

Pembuatan PDF di PHP dengan FPDF dan HTML2FPDF

Untuk membuat pdf dengan menggunakan php, kita bisa menggunakan fpdf yang berbasis class. Sedangkan html2fpdf digunakan untuk mengubah html menjadi pdf. Dengan hanya menggunakan fpdf, kita harus menentukan semua hal yang mengatur tampilannya berbasis code sesuai dengan aturan dan fungsi yang disediakan class tersebut. Dengan menggunakan html2fpdf, kita cuma perlu membuat sebuah file html dan tampilannya langsung diubah menjadi sebuah file pdf, tentu dengan beberapa keterbatasan dan perubahan tampilan. Saat ini, fpdf terbaru pada versi 1.6 sedangkan html2fpdf versi 3. Instalasi: + Ekstrak file fpdf dan html2fpdf. Sebenarnya html2fpdf merupakan inheritance dari class fpdf, tapi class di fpdf yang disdertakan di paket html2fpdf telah dimodifikasi dari aslinya sesuai dengan kebutuhan konversi tersebut. Class original dari fpdf akan kita pakai untuk pembuatan pdf secara manual, bukan dari html. + Ganti nama file fpdf.php misalkan menjadi fpdf16.php. Karena untuk bebrapa versi instalasi php