Skip to main content

Clicky Web Analytics 2.0, Untuk Statistik secara Realtime

spy-getclicky2

Clicky Web Statistics

Sulit juga untuk mencari penyedia statistik web gratis dengan data yang lengkap dan fasilitas tambahan yang menarik. Inilah perbandingannya:

Google Analytics secara default menampilkan data perbulan dengan waktu terakhir adalah kemarin. Sehingga kita perlu menunggu Untuk bisa melihat hari sebelumnya. GA memang cocok untuk menampilkan performance website kita dalam waktu jangka panjang. Termasuk dengan adanya fasilitas compare/ perbandingan dengan jangka waktu lainnya, kita bisa melihat kenaikan/ penurunan data. Selain itu juga, GA tidak bisa menampilkan keyword dari hasil pencarian gambar, misalkan trafik dari images.google.com. GA juga tidak bisa mendeteksi apa saja link keluar yang diklik dan file apa saja yang didownload dari web kita.

Untuk melihat data hari itu juga, saya memakai histats, tetapi ternyata tidak bersifat realtime. Artinya kita harus mengambil ulang page untuk melihat data terbaru.

Saya juga sudah pernah memakai mybloglog, karena mereka menyediakan data offsite click untuk sehari sebelumnya, yaitu link keluar apa saja yang diklik dan didownload. Tapi untuk bisa melihat data hari itu juga, kita harus membayar. Disamping itu tentu saja data statistiknya tidak selengkap GA. Karena memang mybloglog mempunyai spesifikasi untuk Komunitas blog, bukan statistik blog.

Blog » Dashboard - Clicky_1245390626874 GetClicky Dashboard

Clicky Web Analytics

Akhirnya semua terselesaikan setelah menemukan getclicky. Cukup dengan satu ini dan menghapus layanan statistik lainnya. Eh iyah, untuk GA tetap dipasang, karena dari awal sudah memakai ini dan terlalu sayang dengan hasil datanya, disamping untuk data jangka panjang nantinya.

Fasilitas yang paling menarik adalah getclicky spy. Kita bisa tahu berapa pengunjung yang online di web kita saat itu juga. Apa saja yang dilakukan, dengan history kunjungan untuk ip tersebut, beserta identitas pengunjung, seperti browser, kota, dan sebagainya. Dengan tampilan ajax yang mengagumkan, data online akan mengambil data setiap realtime setiap 4 detik, sehingga kita benar-benar tahu aktifitas yang ada di web secara langsung tanpa harus meload ulang. Aktifitas terbaru akan langsung ditempatkan di yang paling atas. Setelah itu jumlah pengunjung online akan diperbaharui.

Selain itu banyak hal baru yang tidak disediakan oleh penyedia lainnya. Hal yang bagi saya berguna adalah:

  • Secara default, Getclicky akan menampilkan data pada hari itu, tetapi kita juga bisa memilih rentang lainnya.
  • Keyword dari pencarian images
  • Data link keluar/ Offsite click
  • Penampilan file apa saja yang didownload pengunjung
  • Cloud View, data ditampilkan dalam tampilan awan, dengan data yang paling banyak ditampilkan dalam bentuk yang paling besar dan begitu seterusnya sehingga akan terlihat perbandingan antar data.
  • Ada versi mobile-nya, m.getclicky.com, sehingga bisa dilihat dari HP secara langsung dimana saja.
  • Integrasi dengan Google Map, hal yang malah belum dilakukan oleh google sebagai pemilik GA dan GMap
  • Bisa dipasang di wordpress, karena ada versi non-js. Hal yang selama ini sepertinya cuma bisa dilakukan oleh Site Meter, tetapi hasil datanya tidak meyakinkan.
  • Public statistic, data kita bisa dilihat oleh orang lain. Yang bisa menyaingi hal ini cuma histats dengan widget-nya dan Quantcast dengan website compare-nya.
  • Statistik trafik dari twitter.
  • Dan banyak lagi…

Ingin tahu aktifitas pengunjung web kita secara realtime? Layanan gratis yang menyediakan hal ini cuma getclicky.

Clicky Web Analytics

Comments

  1. wawwww, thx yah, aq cobain ahh ^_^

    ReplyDelete
  2. Sepertinya menggoda. Akan segera dicoba. :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata emang bagus dan canggih. Tapi sayangnya cuma bisa tracking gratis 1 situs aja. Kalo mau lebih, harus bayar..

    ReplyDelete
  4. Sudah pernah coba http://www.reinvigorate.net/ ?

    Woopra?

    Dulu gue pernah pake Woopra, bagus sih, seru and kelap-kelip real time, tapi agak males cos pake software, pengennya yang web-based aja.

    ReplyDelete
  5. @hikari
    tnx juga

    @lex de praxis
    belum pernah. akan saya coba juga deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembuatan PDF di PHP dengan FPDF dan HTML2FPDF

Untuk membuat pdf dengan menggunakan php, kita bisa menggunakan fpdf yang berbasis class. Sedangkan html2fpdf digunakan untuk mengubah html menjadi pdf. Dengan hanya menggunakan fpdf, kita harus menentukan semua hal yang mengatur tampilannya berbasis code sesuai dengan aturan dan fungsi yang disediakan class tersebut. Dengan menggunakan html2fpdf, kita cuma perlu membuat sebuah file html dan tampilannya langsung diubah menjadi sebuah file pdf, tentu dengan beberapa keterbatasan dan perubahan tampilan. Saat ini, fpdf terbaru pada versi 1.6 sedangkan html2fpdf versi 3. Instalasi: + Ekstrak file fpdf dan html2fpdf. Sebenarnya html2fpdf merupakan inheritance dari class fpdf, tapi class di fpdf yang disdertakan di paket html2fpdf telah dimodifikasi dari aslinya sesuai dengan kebutuhan konversi tersebut. Class original dari fpdf akan kita pakai untuk pembuatan pdf secara manual, bukan dari html. + Ganti nama file fpdf.php misalkan menjadi fpdf16.php. Karena untuk bebrapa versi instalasi php

Java-MySql: Aplikasi Database dengan Data Gambar (Updated)

Untuk update metode simpan gambar lihat di appGambar 2.0 Bagaimana caranya menyimpan data yang membutuhkan penyimpanan data gambar? Misalkan data pegawai yang membutuhkan penyimpanan gambar dari setiap pegawai. Alternatifnya ada dua, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara yang pertama adalah dengan membuat field dengan tipe data binary, kemudian menyimpan gambar yang dibutuhkan dalam field di database tersebut. Cara ini membutuhkan manajemen program yang lebih rumit, tapi data gambar akan terjamin, karena tersimpan didalam database yang terintegrasi dengan data lainnya. Kekurangan lainnya adalah ukuran database yang akan membesar dan lambat. Bayangkan saja, sebuah field membutuhkan gambar dengan format jpeg, 200kB. Apabila ada 200 juta record, maka ukuran field yang diperuntukan khusus untuk gambar dengan perhitungan kasar adalah 0.2 MB x 200M = 40 x 10^12 = 40 TB. Belum ditambah dengan ukuran data dari field lainnya, kalau misalkan untuk menyimpan data penduduk Indonesia.

Java: Pengiriman Parameter antar Frame

Sebenarnya konsep ini berlaku bukan hanya pada frame, tapi bisa dilakukan antar object dari class yang sifatnya umum, karena Java yang sifatnya sudah full OOP. Tapi, karena lebih sering diterapkan dalam pemrograman GUI desktop, khususnya dengan Netbeans, maka dicontohkan dengan class javax.swing.JFrame. Setiap bentuk code java harus dibentuk dalam bentuk class, biar sebagaimanapun sederhananya. Tidak seperti pemrograman lainnya yang menggunakan konsep OOP sebagai tambahan dan pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya. Itulah sebabnya kita mengenal class di C++, Pascal, PHP, tapi masih diperbolehkan untuk tetap menggunakan konsep primitif. Sedangkan pada kasus java dan .NET, OOP merupakan inti utamanya yang harus selalu diikuti dan diterapkan. Awalnya akan sangat membingungkan, tapi sangat mudah untuk langkah pengembangan selanjutnya. Sudah lihat JavaDoc? itu adalah dokumen pemrograman yang paling aneh didunia, pada pandangan pertama. Coba bandingkan dengan MSDN-nya .NET, PHP Manual,