23 March 2009

DeepFreeze Unofficial FAQ: Computer Total Protection

[1] Apakah Deepfreeze?
Mudahnya, program komputer yang akan mengembalikan keadaan data komputer seperti saat dihidupkan. Kegiatan apapun dan kejadian apapun yang dilakukan pada komputer yang terinstall, program ini akan mengembalikan seperti sediakala saat dihidupkan kembali. DeepFreeze ada dalam versi Windows, Mac OS, dan Linux.
Atau dengan kata lain program yang melindungi data dalam sebuah partisi dalam komputer yang terinstall agar tidak berubah. Karena semua hal yang ada dalam komputer berbentuk data, maka kerja komputer tidak berubah. Dengan melindungi data artinya, melindungi file (gambar, dokumen, dll), program, setting (registry, file konfigurasi), driver, bahkan sebuah sistem operasi. Kinerja komputer yang dilindungi OS-nya, tidak akan berubah secara software. Tidak ada kemungkinan terjadinya hang, driver hilang, registry rusak, temporary file yang berantakan, dll.
Untuk selanjutnya, DeepFreeze yang dibahas adalah DeepFreeze 6 atau Deepfreeze WorkStation Edition. Disingkat menjadi DF. Perbedaan dengan versi sebelumnya adalah masalah keamanan, misalkan program hacking seperti unfreezeer meskipun bisa memberhentikan DF versi lama, tidak berlaku lagi di versi 6. Sedangkan untuk versi Pro atau Enterprise adalah adanya feature untuk management secara terpusat dari server untuk client yang terpasang DF WordkStation.

[2] DeepFreeze FAQ: (almost) Computer Total Protection. Benarkah?
Program ini berbasis kernel driver, jadi tidak ada apapun yang bisa mempengaruhi dan merusak jalannya program setelah dia berjalan. Tidak seperti antivirus yang malah bisa dirusak dan ikut jadi penyebar virus, kerja DF tidak bisa dipengaruhi apapun apabila OS sudah aktif. Boleh dikatakan hanya faktor manusia, entah itu kecerobohan ataupun hacking, yang bisa merusak komputer yang terproteksi DF [19]. Sedangkan virus tidak bisa berbuat apa-apa.

[3] Apakah Anti-Exceutable?
Komputer yang terlindungi dengan program ini pertama kali akan mendeteksi program apa saja yang berada dalam komputer. Semua jenis program baru tidak bisa dijalankan di komputer ini. Ini adalah contoh alternatif untuk perlindungan komputer selain DF yang khusus melindungi dari virus executable dan program berbahaya yang tidak dikenali.

[4] Apakah Frozen?
Status DF dalam keadaan aktif. Artinya perubahan apapun pada hariddisk akan dikembalikan seperti semula.

[5] Apakah Thawed?
Status DF dalam keadaan terinstall tapi tidak aktif. Perubahan pada harddisk akan disimpan.

[6] Bagaimana cara membuka kotak konfigurasi dari Deepfreeze?
Klik dua kali pada icon DF di systray sambil menekan tombol SHIFT. Atau tekan kombinasi tombol CTRL-ALT-SHIFT-F6.

[7] Jelaskan tentang Boot Control?
Boot Control bisa dilihat pada dialog konfigurasi [6].

a. Boot Frozen, setelah restart, status DF menjadi frozen [4]. Ini status default.
b. Boot Thawed on next, setelah restart, status DF akan Thawed[5], setelah n kali restart lagi akan aktif secara otomatis [4]. Pilih ini apabila akan melakukan perubahan pada Frozen space.
c. Boot Thawed, setelah restart, status DF akan Thawed[5]. Biasanya hanya untuk melakukan uninstall DF.

[8] Apakah ThawedSpace?
Adalah partisi pada komputer yang terinstall tetapi tidak seperti partisi lainnya, partisi ini tidak ter-freeze.

[9] Bagaimana cara menginstall Deepfreeze?
Jalankan program setup untuk DF. Pada saat instalasi, kita bisa memilih partisi apa saja yang dilindungi [4] dan partisi yang bebas [5]. Biasanya, partisi yang dilindungi adalah partisi system yang berisi windows agar sistem tidak rusak. Sedangkan partisi yang berisi data diberi status thawed space supaya mudah mengubah isinya.

[10] Bagaimana cara menghapus/menguninstall?
Deepfreeze tidak menyediakan uninstaller secara khusus di Add/Remove Programs. Untuk bisa menghapusnya, kita harus men-disable/ mengubah status deepfreeze menjadi Thawed [5]. Setelah itu, jalankan program yang sama pada saat menginstall [9]. Secara otomatis dia akan menawarkan untuk uninstalasi program. Versi yang digunakan untuk instalasi dan uninstalasi harus sama agar bisa berjalan.

[11] Bagaimana cara memilih partisi yang default menjadi frozen atau thawed?
Saat Instalasi [9], kita bisa memilih partisi yang ter-frozen maupun yang bebas [8].

[12] Bagaimana status partisi baru?
Apabila kita menambah/ merubah partisi, maka partisi tersebut akan otomatis dalam status frozen. Entah itu membagi partisi ataupun menambah hard disk baru. Jadi sebaiknya setelah perubahan partisi DF diinstall ulang agar bisa memilih lagi partisi apa saja yang di freeze.

[13] Apakah Clone Flag?
Adalah feature untuk instalasi pada banyak komputer yang ter-clonning, misalkan dengan Norton Ghost. Ini adalah sebagai tanda untuk DF bahwa Komputer yang sudah terinstall DF akan di clone.

[14] Bagaimana cara memakai Clone Flag?
a. Install DF [9] di komputer yang akan di clone
b. Ubah status DF menjadi Thawed [7], restart
c. Setelah tidak aktif, Klik Set Flag pada clone options [13]
d. Kemudian matikan, buat master untuk clonning, clone komputer tersebut ke komputer yang baru
e. Setelah selesai, restart komputer yang baru
f. Ubah status DF menjadi Frozen [7]

[15] Komputer seperti apa yang layak dipertimbangkan untuk menggunakan DF?
Komputer yang sistemnya jarang mengalami perubahan. Misalkan, komputer client di warnet. Selain itu, disarankan untuk menginstall program sesedikit mungkin, dengan memanfaatkan program yang sifatnya portable tanpa instalasi. Pada program yang terinstall, settingnya di registry windows sehingga tidak tersimpan. Berbeda dengan program portable yang akan menyimpan setting pada file konfigurasi di foldernya sendiri. Sehingga, pasang saja program-program portable ini pada thawed space [8], sehingga konfigurasinya mudah berubah.

[16] Apakah memperlambat komputer?
Ya. Meskipun tidak begitu signifikan apabila spesifikasi komputer memenuhi syarat. Sebenarnya bahkan lebih ringan daripada menginstall Antivirus terbaru. Dan disarankan untuk tidak perlu memakai Antivirus apabila sudah memakai DF.

[17] Bagaimana caranya agar berjalan lebih cepat?
Usahakan untuk meminimalisasi ukuran yang diproteksi. Komputer saya sendiri cuma memproteksi 3 GB khusus untuk partisi windows dari total 330 GB Harddisk.

[18] Apa saja yang harus di disable agar DF bisa melakukan proteksi secara maksimal?
Di OS, DF mendisable semua kemungkinan untuk mengubah data yang terproteksi dan mengubah date/time dari sistem. Sedangkan kita sendiri harus mempassword BIOS untuk menghilangkan kemungkinan mengubah date/time dan booting dari BIOS. Selain itu, cegah semua kemungkinan untuk bisa melakukan booting melalui media lain: CD/DVD, Disket, USB Device. Karena date/time dan booting adalah cara yang bisa dipakai untuk hacking DF

[19] Bagaimana cara meng-hack / lupa password dari deepfreeze?
Majukan tanggal lebih dari 60 hari dari BIOS, karena dari windows tidak akan bisa. Secara otomatis DF akan tidak aktif, sehingga bisa diuninstall. Selain itu, password dari DF tersimpan di file $Persi0.sys, dengan ukuran sekitar 12.104.192 byte. Apabila me-replace file ini dengan file dari komputer lain yang kita tahu password DF-nya, otomatis password akan menjadi sama. Peringatan: Jangan coba-coba untuk menghapus file ini!, tentunya melalui OS sebelum dia jalan. Efeknya adalah, DF akan aktif, tapi konfigurasi tidak bisa dibuka lagi sampai file tersebut dikembalikan. Dan tentu saja jadinya DF aktif tapi tidak bisa dihapus.

Official FAQ: www.faronics.com/faq/

1 °C:

Khoerul MW said...

Kadang bingungi

Post a Comment