Skip to main content

Our Ripper, who art on Mininova / aXXo be thy name

search-cloud-axxo-mininova


Kalau disuruh mengambil contoh keren dari anonimitas di internet dari internet, pasti langsung terpilih nickname aXXo. Dia diketahui atau paling tidak pernah dibaca namanya oleh hampir semua pengunjung internet. Dia menginispirasi banyak orang untuk melakukan hal yang sejenis, beberapa meniru sama persis konsepnya (klaXXoN!!??). Dia merupakan implementasi langsung dari omong besar kebebasan para hacker dengan kode etiknya, "Semua informasi adalah bebas". Dan tentu saja dia menjadi sumber utama hiburan bagi banyak orang. Sedangkan untuk anonimitas itu sendiri, dia punya alasan kuat. Bukan sekedar sok ketakutan populer, tapi karena membahayakan kebebasan dirinya pribadi apabila identitas aslinya dengan pasal pembajakan/ copyright infringement, oleh FBI dan MPAA (Motion Picture Association of America ).

Ya, dia cuma orang biasa yang mempunyai kemampuan untuk melakukan ripping DVD, yang tentu saja bukan orang yang paling ahli didunia dalam bidang ini, mempunyai hobi menikmati film seperti orang biasa lainnya, dan memiliki keinginan untuk berbagi. Melakukan ripping DVD dan mengaupload melalui torrent site sehingga bisa dibagikan melalui protokol P2P Bittorent. Dan dengan semua ini, dia bekerja sendirian menghasilkan film dengan kualitas DVD berukuran CD 700 MB dengan sedikit penurunan kualitas dari aslinya. Format nama filenya adalah "Judul[tahun]DvDrip[Eng]-aXXo.avi" berukuran sekitar 700MB. Selain itu disertakan file text berisi keterangan. Dan dia tidak dibayar untuk semua itu.

Saat torrent mulai lahir, pembagian film juga ikut bersamanya. Mungkin, kita masih ingat dengan masa ini. Mengkopi film ke hardisk, yang ternyata isinya adalah hasil rekaman camcorder lengkap dengan bonus suara ketawa pengunjung bioskop sesuai dengan jalan cerita, setelah itu ada gambar punggung orang yang berjalan. Penderitaan semakin lengkap kalo kita yang melakukan download dan mendapatkan hasil yang mengecewakan seperti ini. aXXo lahir pada saat seperti ini. Di awal tahun 2005, dia mulai mengupload ke forum bernama Darkside_RG. Dalam tiga tahun berikutnya, dia mengaupload lebih dari 600 judul film dalam bentuk torrent ke Mininova dan The Pirate Bay. Setelah itu semua mengandalkan namanya sebagai cap sebuah kualitas yang bisa dipercaya. Semua torrent site menempatka dia, bukannya film yang saat itu terpopuler, di urutan teratas pencarian.

Kepopuleran aXXo berkembang menjadi beberapa hal. Yang pasti adalah penggunaan namanya untuk sebuah website padahal dia sendiri tidak mempunyai official website apapun. Beberapa orang di dunia nyata mengaku dirinya sebagai aXXo yang asli. Sementara yang lainnya, pihak yang dirugikan secara langsung, pihak MPAA dan sejenisnya, memanfaatkan namanya dengan mengupload file yang sebenarnya dummy/ kosong, atau berisi malware. Biasanya mudah diketahui apabila berbentuk rar yang terpassword, yang tentu saja tidak bisa dibuka, atau menyertakan file tambahan lain misalkan berbentuk exe. Untuk site seperti mininova, aXXo sendiri mempunyai akun disana, jadi selain yang bukan dari akun aXXo, itu adalah palsu.

Dengan mengesampingkan berbagai teori konspirasi yang lainnya, sesuatu yang selalu menyertai adanya seorang legenda, dan mengesampingkan kebenaran tindakannya, tetap saja dia keren....!
Sekali-kali, sempatkanlah untuk membaca kolom komentar di film hasil uploadnya. Selain ucapan thanks, puluhan pujian yang kreatif dari penggemar hasil karyanya, juga sanjungan seperti The new Robin Hood atau dewa pembajakan. Seperti halnya Car God di The Fast and The Furious yang mempunyai doa khususnya, Torrent Freak pernah mempublikasikan aXXo Prayer seperti ini:

Our Ripper, who art on mininova,
aXXo be thy name.
Thy torrents come.
Seeding will be done,
Here as it was on suprnova.
Give us this day our latest rips.
And forgive us our leeching,
As we forgive those that leech from us.
And lead us not on to private trackers;
But deliver us from the MPAA:
For thine is the ripping, the seeding, and the glory,
For ever and ever.

Amen…


Eh iya, kalo ada yang nanya berapa kecepatan koneksi internet dari smart, jawab saja 230.4 8 Kbps. Itu adalah kecepatan maksimal di pagi hari. Dan akan berkurang di malam hari. Jangan percaya dengan angka di networking status apalagi dari iklan! Itu cuma gosip. Kecepatan itulah yang maksimal bisa dicapai secara stabil oleh torrent. Tapi, itu sudah sedikit diatas rata-rata kecepatan warnet kok.

Comments

Popular posts from this blog

Pembuatan PDF di PHP dengan FPDF dan HTML2FPDF

Untuk membuat pdf dengan menggunakan php, kita bisa menggunakan fpdf yang berbasis class. Sedangkan html2fpdf digunakan untuk mengubah html menjadi pdf. Dengan hanya menggunakan fpdf, kita harus menentukan semua hal yang mengatur tampilannya berbasis code sesuai dengan aturan dan fungsi yang disediakan class tersebut. Dengan menggunakan html2fpdf, kita cuma perlu membuat sebuah file html dan tampilannya langsung diubah menjadi sebuah file pdf, tentu dengan beberapa keterbatasan dan perubahan tampilan. Saat ini, fpdf terbaru pada versi 1.6 sedangkan html2fpdf versi 3. Instalasi: + Ekstrak file fpdf dan html2fpdf. Sebenarnya html2fpdf merupakan inheritance dari class fpdf, tapi class di fpdf yang disdertakan di paket html2fpdf telah dimodifikasi dari aslinya sesuai dengan kebutuhan konversi tersebut. Class original dari fpdf akan kita pakai untuk pembuatan pdf secara manual, bukan dari html. + Ganti nama file fpdf.php misalkan menjadi fpdf16.php. Karena untuk bebrapa versi instalasi php

Java-MySql: Aplikasi Database dengan Data Gambar (Updated)

Untuk update metode simpan gambar lihat di appGambar 2.0 Bagaimana caranya menyimpan data yang membutuhkan penyimpanan data gambar? Misalkan data pegawai yang membutuhkan penyimpanan gambar dari setiap pegawai. Alternatifnya ada dua, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara yang pertama adalah dengan membuat field dengan tipe data binary, kemudian menyimpan gambar yang dibutuhkan dalam field di database tersebut. Cara ini membutuhkan manajemen program yang lebih rumit, tapi data gambar akan terjamin, karena tersimpan didalam database yang terintegrasi dengan data lainnya. Kekurangan lainnya adalah ukuran database yang akan membesar dan lambat. Bayangkan saja, sebuah field membutuhkan gambar dengan format jpeg, 200kB. Apabila ada 200 juta record, maka ukuran field yang diperuntukan khusus untuk gambar dengan perhitungan kasar adalah 0.2 MB x 200M = 40 x 10^12 = 40 TB. Belum ditambah dengan ukuran data dari field lainnya, kalau misalkan untuk menyimpan data penduduk Indonesia.

Java: Pengiriman Parameter antar Frame

Sebenarnya konsep ini berlaku bukan hanya pada frame, tapi bisa dilakukan antar object dari class yang sifatnya umum, karena Java yang sifatnya sudah full OOP. Tapi, karena lebih sering diterapkan dalam pemrograman GUI desktop, khususnya dengan Netbeans, maka dicontohkan dengan class javax.swing.JFrame. Setiap bentuk code java harus dibentuk dalam bentuk class, biar sebagaimanapun sederhananya. Tidak seperti pemrograman lainnya yang menggunakan konsep OOP sebagai tambahan dan pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya. Itulah sebabnya kita mengenal class di C++, Pascal, PHP, tapi masih diperbolehkan untuk tetap menggunakan konsep primitif. Sedangkan pada kasus java dan .NET, OOP merupakan inti utamanya yang harus selalu diikuti dan diterapkan. Awalnya akan sangat membingungkan, tapi sangat mudah untuk langkah pengembangan selanjutnya. Sudah lihat JavaDoc? itu adalah dokumen pemrograman yang paling aneh didunia, pada pandangan pertama. Coba bandingkan dengan MSDN-nya .NET, PHP Manual,