23 February 2008

Tips Membaca Blog dengan Pembatasan

Menyebalkan banget kalo dibatasi, malah bikin jadi penasaran. Contohnya saat ingin melihat blog, tapi ternyata malah cuma orang tertentu saja yang bisa. Dengan menggunakan logika sederhana, kita bisa melihat cache/ halaman yang tersimpan di google untuk bisa kita baca dengan bebas, tentunya tanpa harus punya hak akses ke blog tersebut.
Web yang sudah didaftarkan di mesin pencari google (google.com/addurl), maka google secara berkala menyimpan halaman web tersebut di databasenya untuk mempercepat pencarian dan mendapat halaman web terbaru. Itulah sebabnya ada hyperlink cache atau tembolok(?) kalo dalam bahasa indonesia disamping semua hasil pencarian. Google tentunya tidak bisa menyimpan halaman web lain yang memerlukan password untuk mengaksesnya. Tapi, google mempunyai akses penuh ke blogger, yang merupakan anaknya google, termasuk meyimpan halaman blog yang tidak boleh diakses umum, tetapi pada option blognya memperbolehkan akses pencarian google. Tentunya mudah ditebak, tidak bisa mengakses langsung webnya (karena pembatasan), tetapi masih bisa melihat isi blog melalui cache database google.

1. Coba cari sasaran halaman web yang dibatasi...
http://ahmadyazid.blogspot.com/
2. Lakukan pencarian lewat google. Hasilnya, web lengkap dengan pembagiannya, yang menyangkut hampir semua isi web!
Kata kuncinya.... site:ahmadyazid.blogspot.com


3. Klik cached/tembolok, dibawah hasil pencarian......
Langsung deh, bisa kelihatan. Hampir semua hyperlink di web ini tidak bisa diakses, jadi untuk melihat yang lain melalui google lagi dan mengklik cached.


Solusinya untuk pemilik blog yang ingin pembatasan, ubah option, basic, ubah option pencarian google menjadi tidak.
huuh, ngakunya geek, ternyata isinya curhat. Makanya dibatasi. bikin penasaran aja!


Welcome to my journal life...
TRY N ERROR, LEARN WHAT MAKE ERROR, FIX THE ERROR N YOU BECOME TERROR

He, keren juga....

0 °C:

Post a Comment